Sabtu, 06 Oktober 2012

Ribuan Buruh Berjoget Dangdut

BANDUNG - Aksi unjuk rasa dalam menyuarakan polemik masyarakat kepada pemerintah biasanya identik dengan cemoohan, baku hantam serta kekerasan, sehingga pada ujungnya mengakibatkan situasi menjadi tak menentu, bahkan tak sedikit yang berujung pada peristiwa berdarah-darah.

Namun demikian, lain halnya dengan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Barat, di depan Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/10/2012).

Aksi ini terbilang unik dibandingkan beberapa aksi unjuk rasa sebelumnya. Sebanyak 30 ribu buruh yang tergabung dalam organisasi buruh SPSI malah menyetel lagu dangdut, lalu bergoyang dan berdendang bersama-sama.

Ketua DPD SPSI Jabar Roy Jinto Feriyanto mengatakan, lantunan lagu dan goyangan ini dilakukan sambil menunggu kehadiran Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

"Aksi yang kami lakukan ini adalah aksi cinta damai, bukan kekerasan," teriak Roy Jinto di atas panggung orasi.

Namun, kata dia, tujuan utamanya ingin bertemu dengan gubernur. "Kami akan tunggu kehadirannya, kami akan tuntut kesejahteraan buruh menjadi lebih baik lagi, jika gubernur tidak juga keluar, kami akan melakukan aksi yang lebih ekstrem," ujar Roy Jinto saat diwawancarai Kompas.com di panggung orasi, di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Rabu (3/10/2012)

Sesekali di samping lantunan lagu dan goyangan dangdut, Roy menyampaikan orasi-orasi tuntutan kepada gubernur untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah pusat.

Mereka menuntut kepada gubernur, salah satunya adalah mensejahterakan kaum buruh dengan lebih baik lagi. "Kepada gubernur kami meminta untuk membuatkan surat pelarangan outsourcing dan sistem kerja kontrak di Jabar, mencabut Permenakertrans RI No.13/MEN/2012 dari 60 item menjadi 122 item, meminta iuran buruh tidak dipotong BPJS Kesehatan serta kepada Menteri Keuangan RI agar segera menaikan PTKP dari Rp1.320.000 menjadi Rp 5.000.000," pungkasnya.







Sumber : http://kompas.com


EmoticonEmoticon